Yup .. Katub Buluh RX-Z udah lama sering digunakan ke Raja.. Pengaruhnya sangat terasa pada respon tarikan jadi lebih cepat dibanding pake katub buluh standar Raja. Tentunya setingan karbu juga harus disesuaikan biar lebih mantaf. Apalagi buat mesin2 Raja yg udah dikorek dijamin lebih sip..
Selain katub buluh RXZ, Salah satu katub buluh yg bisa diaplikasikan ke Raja untuk mendapat performa lebih baik adalah katub buluh merek V Force. V Force Adalah merek Katub Buluh Racing yg banyak digunakan untuk kebutuhan balap yang sangat membantu meningkatkan akselerasi juga Horse Power. Katub buluh V Force memiliki design katub buluh yg sangat unik dengan twin ato triple katub dengan karakteristik bermacam-macam disesuaikan dengan karakter korekan raja. Keunikan lain adalah katub buluh V Force bebas dari service penyetelan katub buluh yang pada merek2 lain termasuk katub buluh raja sendiri ada penyetelan secara berkala. Hal tsb dikarenakan V Force menggunakan Material plat katub berkualitas tinggi, saya pernah mencoba menyetel dengan berbagai cara baik ditekuk sampe dipanaskan dikit lalu ditekuk tapi
tetap plat V Force balik ke bentuk asal. Katub buluh V Force dapat diproleh pada toko2 spare racing untuk motor (coba aje ke Bonjer III banyak tuh ada bermacam2 type). Tapi harganya wuiihh mahal bangaaat...
Tapi kalo Rekan2 semua gak mau keluar uang buat beli katub buluh V Force ato RXZ, Ato juga gak mau nge-gerus leher intake blok (apalagi blok2 simpenan Y1-Y4), rekan2 Bisa memodif katub buluh RX-King standar ente dengan cara memperbesar ruang katub dengan bantuan bor tuner. Caranya lepas semua plat katub buluh, lakukan perbesaran sedikit-demi sedikit tapi harus merata, dan pada finishing akhirnya harus dipoles biar halus agar performa katub buluh tetap maksimal. Tunering katub buluh termasuk pekerjaan halus jadi buatlah sebaik mungkin dan serapi mungkin. Lalu pasang kembali semua katub trus pasang kembali ke intake, lakukan seting karbu untuk mengimbangi pasokan suply bahan bakar yg lebih banyak karena ruang dikatub buluh menjadi lebih besar. Terakhir kalo udah setingan mangtaf, tinggal di-test pada rabu malem bareng boykhe dan rekan2 yg laen di kemayoran... dijamin gak kalah maut ma yg pake katub buluh RXZ ato V Force...
Selain katub buluh RXZ, Salah satu katub buluh yg bisa diaplikasikan ke Raja untuk mendapat performa lebih baik adalah katub buluh merek V Force. V Force Adalah merek Katub Buluh Racing yg banyak digunakan untuk kebutuhan balap yang sangat membantu meningkatkan akselerasi juga Horse Power. Katub buluh V Force memiliki design katub buluh yg sangat unik dengan twin ato triple katub dengan karakteristik bermacam-macam disesuaikan dengan karakter korekan raja. Keunikan lain adalah katub buluh V Force bebas dari service penyetelan katub buluh yang pada merek2 lain termasuk katub buluh raja sendiri ada penyetelan secara berkala. Hal tsb dikarenakan V Force menggunakan Material plat katub berkualitas tinggi, saya pernah mencoba menyetel dengan berbagai cara baik ditekuk sampe dipanaskan dikit lalu ditekuk tapi
tetap plat V Force balik ke bentuk asal. Katub buluh V Force dapat diproleh pada toko2 spare racing untuk motor (coba aje ke Bonjer III banyak tuh ada bermacam2 type). Tapi harganya wuiihh mahal bangaaat...
Tapi kalo Rekan2 semua gak mau keluar uang buat beli katub buluh V Force ato RXZ, Ato juga gak mau nge-gerus leher intake blok (apalagi blok2 simpenan Y1-Y4), rekan2 Bisa memodif katub buluh RX-King standar ente dengan cara memperbesar ruang katub dengan bantuan bor tuner. Caranya lepas semua plat katub buluh, lakukan perbesaran sedikit-demi sedikit tapi harus merata, dan pada finishing akhirnya harus dipoles biar halus agar performa katub buluh tetap maksimal. Tunering katub buluh termasuk pekerjaan halus jadi buatlah sebaik mungkin dan serapi mungkin. Lalu pasang kembali semua katub trus pasang kembali ke intake, lakukan seting karbu untuk mengimbangi pasokan suply bahan bakar yg lebih banyak karena ruang dikatub buluh menjadi lebih besar. Terakhir kalo udah setingan mangtaf, tinggal di-test pada rabu malem bareng boykhe dan rekan2 yg laen di kemayoran... dijamin gak kalah maut ma yg pake katub buluh RXZ ato V Force...
kalo pakai katub buluh hattori (ninja) kan bs yah? mesti harus ngerubah bentuk, yg mau saya tanyakan performancenya lebih mantaff mana menggunakan katub buluh (valve) hattori atau RXZ, trus brp harga valve RXZ?
thanks
thanks
nrii... ada yg nanya kyk semalem nohh...
terangin gih.. gw gak bs neranginnya...
terangin gih.. gw gak bs neranginnya...
yup.. betul katub buluh ninja bisa diaplikasikan ke Raja cuma harus dimodif plat katubnya ato ada jg yg dibuang satu pada plat katubnya, Demikian juga Katub suzi RGR penyesuaian pd baut dll.
Saya pribadi sih belum pernah membenchmark ato melakukan uji perbandingan di katub RXZ dan Ninja kalo diaplikasikan ke Raja. Tapi kalo dibandingkan dengan performa katub buluh standar Raja Ya memang katub RXZ dan Ninja lebih maksimal, apalagi untuk Raja korekan.
harga katub RXZ udah dikasih tau diatas yaitu sekitar Rp.350 rebu.
Untuk modifikasi katub buluh kita bisa berpatokan pada prinsip kerjanya. Prinsip kerja katub buluh itu hampir sama dengan Klep pada motor 4Tak. Dua-duanya sama2 berfungsi mengantarkan lalu lintas pasokan suply bahan bakar ke ruang bakar. Bedanya klep berfungsi mengantarkan pasokan suply bahan bakar juga membuang hasil pembakaran ke exhaust, sedangkan katub buluh hanya mengatur pasokan searah saja setelah itu sesuai gerak piston dia menutup. Modifikasi untuk meningkatkan performance pada keduanya juga sama yaitu 1. pada motor 4tak digunakan Klep uk. Besar pada 2tak menggunakan ato dimodif agar ruang katub lebih besar, agar pasokan bahan bakar lebih banyak. 2. mempercepat kerja per klep ato mengganti per klep lebih keras agar pasokan suply bahan bakar dapat cepat masuk maksimal tanpa ada yg terbuang demikian jg pada plat katub buluh digunakan katub yg agak keras agar cepat membuka dan menutupnya. Bahan pada plat katub sendiri macem2 ada yg menggunakan plat besi, plat fiber dan untuk merek2 racing menggunakan carbon fiber. Nah kali aja ada rekan2 yang nyoba eksperimen2 baru pada katub buluh biar performanya makin maksimal.. kalo sukses eksperimennya jgn lupa posting disini yah...
Saya pribadi sih belum pernah membenchmark ato melakukan uji perbandingan di katub RXZ dan Ninja kalo diaplikasikan ke Raja. Tapi kalo dibandingkan dengan performa katub buluh standar Raja Ya memang katub RXZ dan Ninja lebih maksimal, apalagi untuk Raja korekan.
harga katub RXZ udah dikasih tau diatas yaitu sekitar Rp.350 rebu.
Untuk modifikasi katub buluh kita bisa berpatokan pada prinsip kerjanya. Prinsip kerja katub buluh itu hampir sama dengan Klep pada motor 4Tak. Dua-duanya sama2 berfungsi mengantarkan lalu lintas pasokan suply bahan bakar ke ruang bakar. Bedanya klep berfungsi mengantarkan pasokan suply bahan bakar juga membuang hasil pembakaran ke exhaust, sedangkan katub buluh hanya mengatur pasokan searah saja setelah itu sesuai gerak piston dia menutup. Modifikasi untuk meningkatkan performance pada keduanya juga sama yaitu 1. pada motor 4tak digunakan Klep uk. Besar pada 2tak menggunakan ato dimodif agar ruang katub lebih besar, agar pasokan bahan bakar lebih banyak. 2. mempercepat kerja per klep ato mengganti per klep lebih keras agar pasokan suply bahan bakar dapat cepat masuk maksimal tanpa ada yg terbuang demikian jg pada plat katub buluh digunakan katub yg agak keras agar cepat membuka dan menutupnya. Bahan pada plat katub sendiri macem2 ada yg menggunakan plat besi, plat fiber dan untuk merek2 racing menggunakan carbon fiber. Nah kali aja ada rekan2 yang nyoba eksperimen2 baru pada katub buluh biar performanya makin maksimal.. kalo sukses eksperimennya jgn lupa posting disini yah...
Minggu, 05 April 2009
Kepada Yth,
Bapak / Ibu Personalia
PT. YAMAHA MOTOR
Jl.permata 1 Lot BB-I Kawasan Industri
Karawang 41361 Sehubungan dengan saat ini saya baru tamat sekolah dan belum belum mempunyai pengalaman bekerja,
Maka bersama ini saya memberanikan diri untuk mengajukan lamaran pekerjaan ketempat Bapak / Ibu sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan di perusahaan bapak / ibu, besar harapan saya untuk dapat diterima ditempat bapak / ibu pimpin sekarang, untuk itu saya tulis data-data saya sebagai berikut;
Nama : TRI PURNOMO
Tempat / tanggal lahir : Jakarta, 28 Januari 1988
Agama : Islam
Status : Belum menikah
Alamat : Jl.cililitan besar RT008RW003 NO:43
Jakarta Timur 13650 Telp.02193135794 / 085692960548
Pendidikan : SMK Angkasa halim perdana kusuma jakarta timur
Dan untuk melengkapi persyaratan yang ada bersama ini saya lampirkan sebagai bahan pertimbangan bagi bapk / ibu, yaitu,
1. Pas Foto 4×6
2. Copy KTP
3. Copy Ijasah SMK Kencana Jakarta
4. Copy SKCK
5 Copy Kartu Kuning (Pencari kerja)
6Daftar Riwayat Hidup
Hal lain yang perlu kami sampaikan adalah, kesehatan saya sangat baik, sopan dan humoris. Bersedia bekerja keras.
Demikian lamaran ini saya buat, atas kebaikan hati dan kebijaksanaan bapak / ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Tri purnomo
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Data pribadi
Nama : TRI PURNOMO
Tempat tanggal lahir : Jakarta, 28 Januari 1988
Agama : Islam
Status : Belum Menikah
Alamat : Jl.cililitan besar RT008RW003 NO:43
Jakarta Timur 13650 Telp.02193135794 / 085692960548.
Pendidikan : SMK Angkasa halim perdana kusuma jakarta timur
Pendidikan
1. SDN 04, Jakarta timur Tamat 1995- 2001
2. SMP AL MUKHLISIN, Bogor Tamat 2001- 2004
3. SMK KENCANA, Jakarta Tamat 2004 - 2007
Hormat saya,
Tri purnomo
Bapak / Ibu Personalia
PT. YAMAHA MOTOR
Jl.permata 1 Lot BB-I Kawasan Industri
Karawang 41361 Sehubungan dengan saat ini saya baru tamat sekolah dan belum belum mempunyai pengalaman bekerja,
Maka bersama ini saya memberanikan diri untuk mengajukan lamaran pekerjaan ketempat Bapak / Ibu sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan di perusahaan bapak / ibu, besar harapan saya untuk dapat diterima ditempat bapak / ibu pimpin sekarang, untuk itu saya tulis data-data saya sebagai berikut;
Nama : TRI PURNOMO
Tempat / tanggal lahir : Jakarta, 28 Januari 1988
Agama : Islam
Status : Belum menikah
Alamat : Jl.cililitan besar RT008RW003 NO:43
Jakarta Timur 13650 Telp.02193135794 / 085692960548
Pendidikan : SMK Angkasa halim perdana kusuma jakarta timur
Dan untuk melengkapi persyaratan yang ada bersama ini saya lampirkan sebagai bahan pertimbangan bagi bapk / ibu, yaitu,
1. Pas Foto 4×6
2. Copy KTP
3. Copy Ijasah SMK Kencana Jakarta
4. Copy SKCK
5 Copy Kartu Kuning (Pencari kerja)
6Daftar Riwayat Hidup
Hal lain yang perlu kami sampaikan adalah, kesehatan saya sangat baik, sopan dan humoris. Bersedia bekerja keras.
Demikian lamaran ini saya buat, atas kebaikan hati dan kebijaksanaan bapak / ibu saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Tri purnomo
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Data pribadi
Nama : TRI PURNOMO
Tempat tanggal lahir : Jakarta, 28 Januari 1988
Agama : Islam
Status : Belum Menikah
Alamat : Jl.cililitan besar RT008RW003 NO:43
Jakarta Timur 13650 Telp.02193135794 / 085692960548.
Pendidikan : SMK Angkasa halim perdana kusuma jakarta timur
Pendidikan
1. SDN 04, Jakarta timur Tamat 1995- 2001
2. SMP AL MUKHLISIN, Bogor Tamat 2001- 2004
3. SMK KENCANA, Jakarta Tamat 2004 - 2007
Hormat saya,
Tri purnomo
Sabtu, 04 April 2009
“Ya, catatan waktunya tembus 8,4 detik. Padahal, lawannya motor sport seperti Honda Tiger atau lainnya,” bilang Jhony yang mau dipanggil Jhony doang ini. Begitunya, para lawan pun sempat ragu kalau tunggangannya kalah sama bebek lambang sayap mengepak itu.
Catatan waktu terbaik itu, tembus di heat pertama. Dan menempatkannya di posisi satu. Sayangnya, di heat kedua! Best time melorot jadi 8,6 detik dan posisi pun turun jadi ke-4. “Itu karena motor melintir saat start,” kata Jhony.
Ya, enggak apa deh! Tapi di next event harus balas dan jadi juara ya! Begitunya, Karisma racikan Man’s Speed ini tergolong kencang buat arena 201 meter! Boleh dong kalau rahasia tembus 8,4 detik itu diungkap!
“Boleh saja. Paling istimewa di motor ini, bagian kepala silinder. Terutama, noken-as,” bilang Herman Pieters, pemilik bengkel di Jl. Raya Jati Bening, Gg. Masjid, No. 16, Jati Kramat, Pondok Gede, Jakarta Timur.
Karena doi sebut noken-as, berarti mulai dibuka dari situ aja ya? Oke! Buat terapkan putaran kem cepat dan tinggi, maka buat klep in dipakai durasi 306º. Sedang buat klep buangnya, dikasih durasi 308º.
Angka ini, tergolong ekstrem ya! Maklum, kan motor digeber buat sekali jalan doang! “Jadi, enggak perlu mikir power bawah banget! Tak seperti di motor road race yang juga butuh kombinasi atas-bawah,” sebut Man, panggilan Herman.
Tingginya durasi klep ini punya konsekuensi lain. Yaitu, klep mudah floating alias ngambang. Buat menutupinya, mekanik ramah ini mengaplikasi klep dan per klep milik mobil! Enggak tanggung, ukuran payung klep pakai diameter 35 mm buat klep masuk dan 30 mm buat klep buang.
Sayangnya, Man tak tahu klep itu milik mobil apa. Karena klep itu dapat di tukang bubut kenalannya. Beda sama per klep. Kalau per klep, mengambil milik Toyota Vios. Tapi pegas penjaga naik-turunnya klep itu disesuaikan lagi dengan kepala silinder Karisma.
“Penyesuaiannya hanya sebatas memotong satu ulir pegas, karena buat diameternya masuk ke bagian head Karisma,” bilang Man. Nah, dengan dua bagian ini, Man gak perlu khawatir kompresi bocor atau klep bakal floating. Selain per lebih keras, semburan bensol dan udara ke ruang bakar juga mantap! Sama halnya dengan tersalurnya tenaga ke roda belakang. Enggak selip karena pakai kampas kopling BRT,” tambah Man!
Ngacir Cuy!
KOMBINASI PISTON DAN KNALPOT
Biar gebukan kompresi di ruang bakar menjadi 15,2 : 1, Man mengaplikasi piston Izumi 66 mm yang punya pen piston 13 mm. Makin mantap lagi, stroke juga naik 3 mm. Itu berkat pen piston yang dipasang di kruk-as yang disuplai BRT alias Bintang Racing Team.
Kompresi padat nan tinggi di ruang bakar itu, terbuang sempurna lewat aplikasi saluran buang Ahau Motor. “Knalpot ini, model baru! Diameter pipa lebih besar, hampir sekitar 30 mm,” ungkap Herman sembari memuji performa knalpot itu.
0 komentar:
Posting Komentar